Siapa yang pernah melewati jalan di daerah Wadaslintang?? Wadaslintang merupakan nama suatu daerah kalau dalam peta geografisnya terletak di Desa Sendang Dalam, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk mencapainya bisa melalui Wonosobo (jalan alternatif ke Kebumen) atau dari arah Kebumen melalui Prembun.

Daerah Wadaslintang (klik foto untuk memperbesar)

Baru kali ini saya menemui kondisi jalan berkelok-kelok yang panjang (sekitar 60 km). Dimana setiap 20 meter setelah berbelok, lalu di depan saya akan menemui belokan lagi ke arah berlawanan. Jadi kewaspadaan harus tetap terjaga dalam mengendarai sepeda motor saya. Selain itu di beberapa bagian belokan itu ada tebing maupun jurang yang tidak dapat saya lihat seberapa dalamnya karena tertutup pepohonan yang tinggi. Lalu lalang kendaraan yang melintas sangat sepi, ada hasrat dari darah di telapak tangan saya yang sedang memegang gas motor untuk semakin menambah laju motor ini. Namun seperti yang sudah saya jelaskan di atas, 20 meter kemudian saya menemui belokan lagi. Hasrat itu hanya tinggal hasrat saja.

Kondisi jalan di Wadaslintang sepengamatan saya masih dalam kondisi baik. Walaupun, di beberapa bagian saya masih menemui beberapa lubang dan jalan yang sedikit tertutup  pasir ketika mencapai belokan. Karena jalan ini menembus dua bukit, suasana yang dapat kita rasakan adalah sejuk dan segar seperti ketika berada di ruang ber-AC dengan setelan suhu 18 derajat Celcius dan aroma lembab tanah basah.

Ketika saya terus menelusuri jalan ini, saya menemukan Waduk Wadaslintang yang dibangun pada masa pemerintahan presiden Suharto tahun 1992. Sayang sekali, perjalanan kali ini saya tidak sempat mampir untuk melihat keindahan waduk ini, semoga di lain waktu bisa. Oya, persiapan ketika akan melewati jalan Wadaslintang ini adalah benar-benar mempersiapkan kondisi kendaraan dengan prima. Disini saya tidak menemukan pom bensin, bengkel yang jarang ditemui serta jarak antar kampung berjauhan, jadi apabila kendaraan kalian mengalami gangguan harap bersabar menunggu dari bantuan warga yang akan melewati kalian. Enjoy your trip 🙂

Waduk Wadaslintang (sumber foto: sugihkabeh.blogspot.com)
