Hari Minggu lalu tanggal 11 Desember 2011 saya mengikuti Seminar bertema “Kembangkan Usaha Melalui Twitter” di gedung Dharma Wanita dekat SMA 1 Semarang. Seminar tersebut diselenggarakan oleh IWAKSemarang (Ikatan Wirausaha Kaskuser Regional Semarang) yang menghadirkan dua pembicara yaitu Reza Imran @Reza_Imran (MC/Presenter/Enterpreneur/Penyiar Trax FM) dan Reza Nurhilman @axltwentynine (owner Maicih).

Reza Imran

Reza Imran

Oleh-oleh dari seminar itu saya kutip langsung dari akun twitter saya (@BayuDeJe) dengan hashtag #UsahaMelaluiTwitter. Silahkan disimak:

1. Menurut Albert Mehrabian diri kita dipersepsikan oleh orang lain dari visual (55%), vokal (38%), dan verbal (7%).

2. Chat di twitter, FB, SMS, maupun YM termasuk yang 7% yaitu verbal.

3. Kenapa termasuk verbal? karena kita tidak bisa melihat fisik/body language dan tidak bisa mendengar intonasi suara.

4. Terus gimana caranya berkomunikasi secara verbal melalui chat agar calon konsumen jadi tertarik beli, lanjut..

5. Gunakan rumus 4 sehat 5 sempurna: maaf, permisi, terima kasih, pujian, dan senyum. cc @reza_imran

6. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan #UsahaMelaluiTwitter antara lain:

7. Pisahkan akun jualan dengan akun pribadi kita.

8. Jangan pernah bikin status galau di akun jualan kita, misal “Hari ini si anu komplain terus padahal barang sedang otw”

9. Sabar dan jawablah setiap pertanyaan calon pelanggan dengan sopan, walau akhirnya cuma nanya dan gak jadi beli #jleb

10. Tanyakan barangnya apakah sudah sampai atau belum, bagaimana kondisinya.

11. Gunakan emoticon positif untuk semakin mendekatkan emosi dengan calon pembeli, misal 🙂 😀

12. Jangan sesekali menggunakan bahasa alay (4l4Y) dalam berkomunikasi dengan calon pembeli.

13. Misal ada kata-kata yang ingin disingkat, gunakan singkatan yang sudah umum. misal “yg” (yang), “dg” (dengan).

14. Perlakukan calon pembeli secara pribadi, misal disebut namanya, atau di mention satu per satu kalau ingin membalas.

15. Dalam membuat Promo gunakan prinsip KISS (Keep It Short and Simple), karena jumlah karakternya terbatas.

16. Tidak kalah pentingnya yaitu membangun kekuatan jaringan dan Word of Mouth dari lingkungan kita #UsahaMelaluiTwitter cc @axltwentynine

Iklan