Setiap menjelang akhir tahun atau awal tahun pasti banyak orang yang membicarakan mengenai resolusi hidup. Lalu, resolusi hidup apa sih? menurut saya resolusi hidup adalah komitmen serta tujuan yang ingin  dicapai di tahun yang akan kita lalui.

Seberapa penting membuat resolusi hidup? resolusi hidup yang telah dibuat akan menjadi pengingat bahwa ada hal-hal yang harus dicapai, apabila tidak istilahnya nanti hanya akan menjadi pengikut arus saja. Resolusi itu bisa bersifat materi maupun perubahan sikap dan perilaku. Saya mengutip dari pak Jamil Azzaini bagaimana cara membuat resolusi hidup untuk melakukan perubahan sikap dan perilaku:

Pertama, coba tuliskan sikap dan perilaku positif baru apa yang akan Anda lakukan pada tahun 2012. Sikap dan perilaku ini sebelumnya belum Anda lakukan dan di tahun 2012 Anda benar-benar akan melakukannya. Contohnya: Tahun 2012 saya secara rutin berguru kepada mentor bisnis yang sudah teruji kredibilitasnya.

Kedua, coba tuliskan sikap dan perilaku positif yang akan Anda tingkatkan. Sebenarnya Anda sudah melakukannya di tahun 2011 namun pada tahun 2012 Anda akan lebih meningkatkannya. Contohnya: Tahun 2012 saya akan merutinkan menulis setiap pagi.

Resolusi tersebut tentunya cocok buat Anda yang selama ini sudah biasa menulis, entah itu di blog pribadi atau website lain, tetapi masih mengandalkan mood musiman.

Ketiga, coba tuliskan sikap dan perilaku negatif yang benar-benar ingin Anda buang di tahun 2012.  Jadi, jika selama ini Anda sudah menyadari bahwa sikap dan perilaku itu merugikan Anda atau tidak pantas Anda lakukan, maka di tahun 2012 Anda berkomitmen untuk membuang jauh-jauh sikap dan perilaku itu.

Keempat, coba tuliskan sikap dan perilaku negatif yang akan Anda kurangi. Ini menjadi sangat urgent apabila selama ini kebiasaan negatif itu sudah mendarah daging dalam perjalanan hidup Anda.  Anda mungkin sangat sulit membuangnya sekaligus, maka berkomitmenlah untuk membuangnya secara bertahap.

Itulah empat cara yang pak Jamil Azzaini sarankan untuk membuat resolusi. Semoga bisa membantu kawan-kawan dalam membuat resolusi dan akhirnya tercapai.

Sebelum menutup artikel ini saya telah membuat resolusi hidup di tahun 2012, yaitu “Tahun 2012 saya akan merutinkan menulis setiap hari dan tahun 2012 saya akan menjadi public speaker handal di hadapan 20 orang”.

Follow @bayudeje

Sumber:
http://www.freakingnews.com/pictures/93500/2012-93716.jpg (gambar)
http://www.jamilazzaini.com/resolusi-2012/
Iklan