Tag

, , ,

Prakiraan Cuaca dan Angin Indonesia untuk tanggal 27 Januari 2012

Sampai hari ini cuaca di kota Semarang sangat tidak menentu dan tidak terlalu aman kalau kita berada di luar rumah atau gedung. Sebentar hujan deras disertai angin kencang, namun tiba-tiba berhenti berganti panas, kemudian hujan angin kencang lagi. Saya jadi penasaran akhir-akhir ini cuacanya sedang menggalau karena apa sih?

Setelah saya meng-googling dan klik sana-sini, akhirnya saya menemukan penyebabnya. Penyebabnya yaitu karena adanya dua bibit siklon yang sedang tumbuh di Samudra Hindia, saat ini sedang dalam proses menghimpun energi dengan menarik massa uap air dari berbagai daerah. Kedua bibit siklon tersebut berada di selatan Nusa Tenggara Barat dan Teluk Carpentaria, Australia.

Lalu, yang sedang kita rasakan dampaknya saat ini, itu hanya dari kibasan ekor badai. Yup, hanya kibasan saja dampaknya sudah banyak pohon bertumbangan, papan reklame roboh, gelombang tinggi sehingga nelayan tidak berani melaut, harga timah dan CPO naik karena pengiriman menjadi terlambat, dan membuat perasaan kita jadi dag dig dug kalau keluar rumah atau gedung. Kalau berada di inti badainya bakal seperti apa lagi ya?? #ngeri

Indonesia tidak akan pernah mengalami badai topis karena badai tropis hanya dapat terbentuk apabila lokasinya di lintang rendah atau di bawah 10 derajat, dan melewati lintang di atas 10 derajat. Berakhirnya badai tropis yang terjadi di selatan Indonesia ini masih belum bisa diprediksi. Jadi, kita harus tetap waspada apabila berada di luar rumah atau gedung dan selalu menjaga kesehatan.

Sumber: www.kompas.com
Gambar: www.bmkg.go.id
Iklan