Tag

Keinginan untuk menggowes jarak jauh setelah sebelumnya pernah ke Salatiga, Kudus, dan Kendal muncul lagi, yeah. Kali ini ingin menuju arah utara yaitu ke Jepara. Hari Jumat, 22 Juni 2012 jam 07.08 saya berangkat meninggalkan rumah dengan membawa bekal  2 botol air minum dengan total sekitar 2,1 Liter, 7 buah pisang susu, charger HP, dan sejumlah uang. Perkiraan saya perjalanannya dari Semarang sampai pantai Kartini Jepara sekitar 6 jam dan itu sudah termasuk istirahat.

Bekal

Bekal


Tujuan pertama saya adalah ke rumah Reth salah satu rekan Koskas (Komunitas Sepeda Kaskus) Semarang untuk meminjam jersey Koskas-nya hehe… Cuaca pagi kota Semarang yang cerah semakin membuat saya bersemangat menggowes meninggalkan rumah Reth menuju Jepara.

Perjalanan Semarang-Demak yang datar dan lurus bisa saya tempuh kurang lebih 75 menit. Itupun sudah dibantu dengan mengikuti di pantat truk (sangat berbahaya dan jangan ditiru).  Jam 10.10 saya sudah memasuki kabupaten Jepara dengan kecamatan pertama yang saya lewati yaitu kecamatan Welahan. Secara umum kondisi jalan dari Demak ke Jepara bagus dengan sebagian besar jalan beton yang tidak di aspal, yang perlu diperhatikan disini yaitu ada beberapa kondisi jalan ternyata betonnya retak dan bergelombang serta panas dengan sedikit pepohonan.

Sampai Demak

Sampai Demak

Nah, dari kecamatan Welahan ke kota Jepara kondisi jalan beraspal tapi bergelombang dan sedikit menanjak. Ditambah dengan titik lelah tubuh yang semakin memuncak, tanjakan kecil namun panjang itu terasa berat. Jam 12.36 saya mencapai check point 1 yaitu alun-alun Jepara. Di alun-alun ini terdapat pula museum RA Kartini, yang sedang ramai pengunjung anak-anak. Perut sudah menunjukkan tanda-tanda segera diisi energi baru. Di check point 2 nanti saya akan merencanakan makan siang disini. Arah menuju check point 2 di pantai Kartini saya agak lupa arahnya, sempat beberapa kali bertanya kepada orang dan 20 menit kemudian saya menemukannya.

Pos Polisi Pecangaan

Pos Polisi Pecangaan

Tanjakan kecil tapi panjanggg

Tanjakan kecil tapi panjanggg

Di Museum Kartini

Di Museum Kartini (check point 1)

Di jelajah gowes Jepara ini saya merencanakan ada 3 check point yang akan saya singgahi namun untuk check point ke-3 yaitu di pantai Bandengan saya membatalkannya karena kondisi waktu yang sudah tidak mencukupi. Sampai di check point 2 saja jam sudah menunjukkan pukul 12.56, sudah terlalu siang belum perjalanan pulang nanti. Setelah makan siang dan beristirahat, jam 14.36 saya memutuskan untuk kembali ke Semarang. Perjalanan pulang ini semakin membuat tubuh lelah dan sempat kaki terasa kram. Asap dari pembakaran sampah di pinggir jalan menambah ketidaknyamanan ini.

Warung Makan bu hj. Sulastri

Warung Makan bu hj. Sulastri

Porsi 1

Porsi 1

Porsi 2

Porsi 2

Bersama KMP. Muria

Bersama KMP. Muria

Jam 17.36 saya sudah sampai di pom bensin Kaligawe, Semarang. Tenaga sudah habis sob. Selama perjalanan kembali ke Semarang mayoritas saya selalu  berada di pantat truk, terima kasih saya ucapkan kepada mereka J sehingga meringankan kayuhan sepeda. Jam 20.06 akhirnya sampai rumah. Belang di paha, tangan, dan wajah menghitam adalah oleh-oleh dari gowes jelajah Jepara ini.

Belang di tangan dan paha

Belang di tangan dan paha

