Track uphill untuk bersepeda banyak tersedia di daerah Semarang ke arah selatan. Wilayahnya antara kabupaten Kendal, kabupaten Semarang, maupun masih dalam kota Semarang, itu yang masih jarak dekat artinya bisa Pergi-Pulang dalam satu hari. Beberapa waktu yang lalu yaitu di hari Jumat, 23 Agustus 2013 saya mencoba track ke arah air terjun Nglimut, di kelurahan Gonoharjo, kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

2013-08-23 10.50.29

Sebelumnya saya pernah mencoba bersama dua orang kawan, namun saya balik kanan karena fisik yang sudah tidak kuat. Kali ini saya mencoba lagi dengan persiapan yang lebih matang. Rute berangkat saya melewati daerah Krapyak => perumahan BSB Ngaliyan => terminal Cangkiran belok kiri lalu lurus terus mengikuti petunjuk. Untuk mencapai air terjun Nglimut benar-benar harus menyiapkan kondisi fisik yang prima, serta bekal yang cukup karena jalan yang dilewati sebagian besar menanjak terus, apalagi 1,5 km terakhir. Mengenai kondisi jalan sangat bagus, beraspal mulus. Di jalur inilah saya akhirnya menemukan apa yang selama ini saya cari ketika bersepeda, yaitu tidak ada kendaraan lain, tidak ada polusi asap, hanya ada suara ban yang menyentuh aspal dan bunyi-bunyian daun yang terkena angin serta suara serangga. Saya sangat menikmatinya 🙂

Pemandangan yang saya temui sangat memanjakan mata saya. Deretan sawah di kanan kiri jalan dengan tanaman padi yang lebat serta di ujung mata memandang ada gunung Ungaran yang tinggi. Saya tidak tahu air terjun Nglimut ini berada di ketinggian berapa meter di atas permukaan air laut, yang pasti saya dapat melihat kota Semarang sampai laut Jawa.

2013-08-23 10.49.47

Setelah saya mencapai di pintu masuk air terjun Nglimut, saya sudah tidak ada semangat untuk melihat air terjunnya. Menurut penduduk sekitar saya masih akan jalan kaki sekitar 15 menit, cukup jauh bagi saya yang sudah mengayuh sepeda dari Semarang. Oya, untuk dapat masuk ke objek wisata air terjun Nglimut ini pengunjung cukup membayar Rp8.000,-.

2013-08-23 11.27.29

Rute pulang saya berbeda dengan rute waktu saya berangkat. Rute saya melewati Gunungpati => Sekaran kampus Unnes => Sampangan => Papandayan. Melihat jarak via Google Map hanya sekitar 28 km, pastinya jalur pulang ini lebih pendek dari jalur berangkat tadi. Inilah track gowes yang saya sukai selama ini 🙂