Tag

Base Camp Pendakian Gunung Ungaran

Base Camp Pendakian Gunung Ungaran

Sudah sering mendengar cerita orang-orang yang pernah melakukan pendakian gunung, betapa serunya perjuangan untuk mencapai puncak, pemandangan yang keren cihuii.., bahkan hingga terjebak badai. Foto-foto landscape alam yang diambil dari perbukitan maupun puncak gunung semakin membuat saya ingin merasakan apa yang mereka rasakan itu. Kadang saya berpikir apa sih yang membuat mereka rela capek-capek mendaki sampai ke puncak dengan ketinggian beberapa ribu meter di atas permukaan air laut, dan berjam-jam waktu perjalanannya.

Tiba-tiba hari rabu  saya mendapat kabar via BBM dari Ceppy yang mengajak mendaki gunung Ungaran malam Sabtu tanggal 3 Mei 2013. Sebelumnya saya pernah kasih pesan ke Ceppy kalau ada rencana mau mendaki gunung saya nebeng. Waktu persiapan yang pendek dan saya belum berpengalaman sama sekali mendaki gunung sempat membuat bingung. Tapi setelah tanya-tanya apa saja yang perlu disiapkan dan dibawa serta kondisi pendakian seperti apa, lalu apakah ada salah satu teman di rombongan yang punya pengalaman mendaki ke puncak Ungaran, Ceppy memastikan bahwa semuanya aman terkendali, perasaan saya mulai tenang 😀

Jalur pendakian dimulai dari jalur Jimbaran, disini saya membayar tiket pendakian dan penitipan sepeda motor masing-masing Rp3.000,-.  Beberapa referensi yang saya baca, gunung Ungaran mempunyai ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut cocok untuk para pendaki pemula. Perjalanan menuju puncak dapat ditempuh sekitar 4 jam, jadi berangkat dari base camp Mawar dini hari. Sepanjang perjalanan akan memasuki hutan yang di sisi kanan ada jurang, kemudian melewati kebun kopi, setelah itu semakin mendekati puncak jalurnya makin curam hingga hampir merangkak. Gambaran umum kondisi perjalanannya seperti itu, kalau ingin cerita yang lebih mendetail ya rasakan sendiri mendaki ke puncak Ungaran 🙂

Foto-foto ini saya ambil dari dokumentasi Ceppy dan kawannya, makasih bro.

Melewati kebun kopi

Melewati kebun kopi

Melewati kebun kopi

Melewati kebun kopi

Jalur pendakian menuju puncak Ungaran

Jalur pendakian menuju puncak Ungaran

Jalur pendakian menuju puncak Ungaran

Jalur pendakian menuju puncak Ungaran

Puncak Ungaran sudah di depan mata

Puncak Ungaran sudah di depan mata

Puncak gunung Ungaran

Puncak gunung Ungaran

Deretan gunung Telomoyo, gunung Andong, gunung Merbabu, dan gunung Merapi

Deretan gunung Telomoyo, gunung Andong, gunung Merbabu, dan gunung Merapi

Gunung Sumbing dan gunung Sindoro dari puncak gunung Ungaran

Gunung Sumbing dan gunung Sindoro dari puncak gunung Ungaran

Info: Mawar Camp Area Gunung Ungaran

Jalur Jimbaran Kluwihan Sidomukti Bandungan

HP: 085640734875, 081229053410

 

